PAUD IHYA ASSUNNAH

PAUD ISLAM TERPADU IHYA` ASSUNNAH

 

PENDAHULUAN

Pendidikan adalah investasi masa depan, Anak yang sholeh dan sholehah adalah investasi akhirat bagi orangtua. Anak adalah amanah dari Alloh Ta`ala, mendidik anak dengan pola pendidikan yang benar adalah sebuah keharusan.

“Dan Alloh mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati agar kamu bersyukur” (Q.S An-Nahl : 78)

“Setiap anak dilahirkan di atas Fithrah, kedua orangtuanyalah yang membuatnya menjadi Yahudi, Nashrani atau Majusi” (H.R Bukhari & Muslim)

Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

PAUD Islam Terpadu Ihya` Assunnah menanamkan nilai-nilai aqidah, ibadah dan muamalah disesuaikan dengan tahap perkembangan anak serta keunikan yang dimiliki oleh setiap anak melalui pembiasaan.

PAUD Islam Terpadu Ihya` Assunnah menggunakan konsep belajar melalui bermain (learning by playing), belajar sambil berbuat (learning by doing) dan belajar melalui stimulasi (learning by stimulating).

 

VISI

Membina generasi masa depan yang beraqidah Ahlu Sunnah wal Jama`ah sesuai manhaj Salaful Ummah

 

MISI

  • Mendidik generasi masa depan yang sholeh, sehat, cerdas dan ceria
  • Mengenalkan Al-Qur`an dan Al-Hadits sejak dini
  • Menggali dan membangun Multiple Intelegence setiap anak
  • Menyelenggarakan pendidikan yang berpusat kepada anak, sedangkan guru sebagai fasilitator, motivator dan evaluator dengan pendekatan sentra dan lingkaran yang diintegrasikan dengan kurikulum Ma`had Ihya` Assunnah melalui pembelajaran tematik

PROGRAM LAYANAN

Taman Kanak-Kanak (TK)                 : usia 4 ≤ 6 tahun

Taman Asuh Anak Muslim (TAAM)  : usia 2 ≤ 4 tahun

Taman Penitipan Anak (TPA) : usia 2 ≤ 6 tahun

 

JADWAL KEGIATAN

Taman Kanak-kanak (TK)                  : 08.00-11.30 (Senin-Jum`at)

Taman Asuh Anak Muslim (TAAM)  : 08.00-10.30 ( tiga hari dalam sepekan)

Taman Penitipan Anak (TPA) : 08.00-16.00 (Senin-Jum`at)

 

PROGRAM PENDUKUNG

  • Tahfizhul Qur`an (Juz `Amma)
  • Rihlah Tarbiyah Tematik
  • Parenting
  • Psikotest
  • Pemeriksaan Kesehatan

 

FASILITAS

  • Ruang kelas yang representative
  • Play Ground
  • Tenaga pendidik dan kependidikan adalah lulusan S1 PG.PAUD, PGTK, Kesehatan Masyarakat dan Pondok Pesantren yang telah mengikuti pelatihan serta memiliki dedikasi yang tinggi.
  • Konsultasi psikologi

 

LOKASI

Jl. Terusan Paseh BCA No.11 Kelurahan Tuguraja Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya 46125  Jawa Barat (peta dibelakang)

 

 

 

RUANG BELAJAR

  1. 1.      Sentra Iman dan Taqwa

Mengenalkan kehidupan beragama, menanamkan nilai-nilai tauhid, mengenalkan Al-Islam, Iman dan Ihsan. Keimanan yang tertanam dalam jiwa anak menumbuhkan nilai-nilai ibadah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallohu `alaihi wa salam sebagai teladannya. Ibadah yang dilakukan dengan kesadaran iman sangat berperan dalam karakter dan adab perilaku sehari-hari yang akan membawa kebaikan bagi diri dan lingkungannya.

  1. 2.      Sentra Persiapan

Adalah tempat anak belajar melalui bermain untuk mengembangkan aspek bidang pengembangan kemampuan anak untuk mengembangkan persiapan membaca, persiapan menulis dan persiapan matematika dan kegiatan khusus lainnya, terutama untuk usia 5 – 6 tahun.

  1. 3.      Sentra Balok

Adalah tempat anak belajar melalui bermain untuk mengembangkan aspek bidang pengembangan dengan bantuan alat-alat permainan edukatif dan pendidik bertindak sebagai fasilitator dan motivator serta teman bermain anak. Bermain dengan balok mengenalkan pada konsep matematika seperti : bentuk, ukuran, jumlah, pecahan, ruang, luas, sempit, dll.

  1. 4.      Sentra Bahan Alam

Adalah tempat anak melakukan kegiatan dengan berbagai alat dan bahan alam ciptaan Allah, baik yang kering dan yang basah disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan anak. Dengan berbagai alat dan bahan alam tersebut Insya Allah akan membantu mengembangkan keimanan, ketaqwaan dan akhlakul karimah dan aspek bidang pengembangan anak melalui metode belajar melalui bermain.

  1. 5.      Sentra Main Peran

Main peran adalah salah satu cara bagi anak untuk dapat mengembangkan pengendalian diri, perolehan pengetahuan, keterampilan kognisi, sosial emosi, bahasa, daya cipta, rangkaian ingatan, konsep-konsep hubungan kekeluargaan. Penerimaan kosa kata, keterampilan pengambilan sudut pandang spasial dan keterampilan sudut pandang afeksi, yang semuanya itu dibutuhkan anak dikehidupan selanjutnya.

 

 

  1. 6.      Sentra Olah Tubuh

Olah tubuh melatih jasmani melalui berbagai gerakan koordinasi, fleksibilitas, kekuatan dan keseimbangan tubuh. Brain Gym, senam otak berupa gerakan-gerakan tubuh sederhana untuk merangsang kerja dan fungsi otak secara optimal dan seimbang, melatih anak lebih konsentrasi dan mudah dalam belajar.

  1. 7.      Sentra Seni Kretivitas

Melalui kegiatan bermain di sentra seni kreativitas, anak diberi keleluasaan untuk mengambangkan kreativitasnya. Beberapa aspek penting yang perlu mendapat perhatian dalam pendidikan di sentra seni kreativitas antara lain kesungguhan, kepekaan, penyesuaian anak terhadap media yang digunakan, proses menghasilkan karya, kesadaran berkelompok dan berfikir kreatif.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>